1 Sep 2024

Jadi Volunteer di Usia Muda, Kenapa Tidak?

Create by : @Tim Content Writer PagarRaya'9

Bagaimana jika kamu yang berusia 16 tahun sudah membantu mengajar anak-anak yang kurang beruntung, mengajak bermain anak-anak panti asuhan, dan menghabiskan waktu bersama kakek dan nenek di panti jompo, bukankah terdengar sangat luar biasa? Mengapa menjadi volunteer di usia muda begitu penting?


Yukk, marii kita terlusuri bersama!!!


    Menjadi seorang volunteer atau sukarelawan adalah cara untuk mendapat keterampilan yang dapat diterapkan di dunia kerja. Dengan menjadi seorang relawan di usia muda, kamu dapat dengan mudah melihat bagaimana membantu masyarakat bisa memberikan dampak yang berguna bagi masyarakat itu sendiri maupun bagi dirimu sendiri.


Manfaat Menjadi Volunteer di Usia Muda

  • Mengembangkan diri

Menjadi volunteer diusia mu yang tergolong muda adalah cara yang luar biasa untuk mengembangkan diri. Kamu akan belajar keterampilan seperti komunikasi, kepemimpinan, juga kerja sama tim yang tidak diajarkan di sekolah


  • Meningkatkan CV

Pengalaman sebagai volunteer adalah nilai tambah yang signifikan di CV mu. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan pengalaman volunteer karena menunjukan inisiatif, tanggung jawab, dan kepedulian sosial.


  • Mendapat Pengalaman Berharga

Setiap kegiatan volunteer yang diikuti akan menjadi pengalaman berharga bagi dirimu. Bagaimana tidak? kamu akan bertemu dengan orang-orang baru, belajar tentang budaya baru, juga mendapat perspektif yang lebih luas tentang dunia.


Cara Memulai Menjadi Volunteer di Usia Muda

1. Cari Informasi Tentang Organisasi Volunteer

Mulailah mencari informasi di internet terkait organisasi volunteer yang ada. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan passionmu. Sebagai contoh, organisasi volunteer yang banyak melakukan kegiatan sosial adalah Unicef, Greenpeace Indonesia, Peduly, Voluntrip Kitabisa, dan Involuntir. Organisasi-organisasi tersebut banyak melakukan kegiatan sosial seperti bermain bersama adik-adik panti asuhan, merangkai bunga bersama kakek dan nenek di panti jompo, atau bermain ke tempat wisata bersama adik-adik panti asuhan.


2. Bergabung dengan Komunitas atau Grup Volunteer
Tak ada salahnya untuk bergabung menjadi pengurus di organisasi volunteer tersebut. Saat ini, banyak organisasi yang membuka kesempatan bagi anak-anak muda untuk merasakan menjadi relawan di lapangan. Cobalah mengambil peran dalam organisasi tersebut. Selain menambah pengalaman, kamu juga akan menambah relasi yang luas.


3. Manajemen Waktu
Sebagai pemuda, kamu mungkin saja memiliki banyak kegiatan lain seperti sekolah, kuliah, pekerjaan, dan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, mengatur waktu adalah kunci agar kamu dapat berkontribusi secara maksimal tanpa mengabaikan kewajiban utama. Tapi jangan khawatir, saat ini banyak kegiatan volunteer yang diadakan di waktu libur seperti hari Sabtu dan Minggu. Kamu bisa mencoba mengikuti kegiatan volunteer pada saat libur agar tidak mengganggu kewajibanmu yang lain.


4. Jaga Semangat dan Motivasi

Menjadi seorang volunteer bisa menjadi menantang, terutama ketika menghadapi kesulitan di lapangan. Menjaga agar semangat adalah salah satu cara agar dirimu dapat terus berkomitmen dan menikmati kegiatan volunteer tersebut. 



Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa memulai pengalaman menjadi volunteer di usia muda dengan lebih percaya diri dan efektif. Menjadi volunteer diusia muda adalah langkah berani dan sangat bermanfaat. Kamu tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga mengembangkan dirimu agar memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Siap untuk memulai menjadi volunteer muda?

Yuk coba untuk mengasah dan mengembangkan ilmu kalian!


Ingatlah, setiap langkah kecil yang kamu ambil akan memiliki dampak yang besar. Yuk, mulai ambil langkah!!!


Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Penulis : Nabilla Ambarwati Rahayu


#MenjadiVolunteerMuda

#DivisiContentWriterBatch9

#PemudaGatraAryaguna

#PagarRayaBatch'9
#PagarRaya 
#Pagaria

Add Comments


EmoticonEmoticon